Wanita Terikhlas di Dunia yang Menjadi Sosok Paling Berpengaruh di Kehidupan

Siapakah yang dapat membantu mempertinggi derajat budi pekerti manusia? Ialah Ibu, karena ibu adalah madrasah pertama dan paling utama. Jika Kartini adalah seorang bangsawan yang peduli terhadap hak wanita untuk mengenyam pendidikan yang sama seperti kaum pria maka Ibuku adalah sosok yang berjuang setengah mati memperjuangkan pendidikan ku dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. 
Bagaimana tidak, ibu membesarkan ku sendirian tanpa bantuan siapapun. Meski ibuku bukan orang kaya, tapi ibu memiliki cita-cita yang sangat tinggi untuk masa depanku. Dengan segenap ketulusan hatinya, Ibu akan melakukan apapun sebagai perjuangannya supaya dapat menyekolahkanku, memenuhi keperluan sekolah yang pada saat itu hanya untuk mencari makan saja sangat sulit. Tapi ibu yakin, apa yang saya pilih untuk melanjutkan kuliah akan membuat kehidupan saya lebih baik, ibu tidak ingin saya dihina dan diremehkan orang lain hanya karena saya berasal dari keluarga miskin. Ibu yakin hal yang dapat mengangkat derajat dan budi pekerti serta kedudukan sosial adalah lewat pendidikan, orang berpendidikan cenderung akan lebih di hormati, maka dari itu ibu berjuang. Perjuangan tanpa doa adalah kesombongan, maka ibu disetiap doanya selalu menyebutkan namaku, mendoakan supaya aku selalu mendapatkan apa yang aku butuhkan. Kata ibu, "meskipun kita bukan orang kaya, tapi kamu harus berpendidikan supaya orang-orang menghargai kita lewat Budi pekerti kita."

Karena ada dua hal penting dari pendidikan yang harus tahu. Pertama adalah mengajarkan seseorang berpikir bebas dan mandiri. Kedua mengajarkan seseorang mendalami Budi pekerti yang luhur. Supaya aku bisa Bersikap adil sejak dalam pikiran dan peduli dengan lingkungan. Terlepas menjadi wanita karir atau ibu Rumah tangga, seorang wanita harus berpendidikan karena wanita akan menjadi ibu, Ibu yang cerdas akan menghasilkan anak-anak yang cerdas.
Emansipasi bukan berarti wanita menjadi saingan pria dengan menunjukkan kemampuannya baik secara fisik atau mental melainkan wanita memiliki hak yang sama seperti pria tanpa kehilangan jati dirinya sebagai seorang wanita.
Meskipun aku sudah menikah dan berkeluarga, doa dan kasih sayangnya tidak pernah berhenti mengalir untukku. Memiliki ibu itu adalah pintu surga di dunia karena setiap doanya akan mengarahkan kita ke sana. Selagi ibu ada maka aku akan senantiasa membahagiakannya, terimakasih ibu ... kaulah Wanita Terikhlas di Dunia yang Menjadi Sosok Paling Berpengaruh di Kehidupanku.
#IkhlasItuCantik

Rini Indriani_ Garut, Jawa Barat
Euis Komala (Ibuku) _ Garut, Jawa Barat

Setiap orang punya kisah perjuangan hidup yang unik dan berbeda, kita harus ikhlas  dan penuh perjuangan dalam menjalaninya. Bagaimana dengan kisahmu?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Vitalis EDC Kemasan Pocket

SKIN CARE AMPUH UNTUK KULIT BERJERAWAT